SIMPEG Terintegrasi , apa maksudnya?

Bagi saya yang berkecimpung dalam dunia IT terutama design system dan pemrograman, tentunya sangat familiar mendengar kosa kata terintegrasi. Namun bagi orang awam mungkin perlu penjelasan sedikit untuk memahami maksud kata terintegrasi dengan pendekatan bahasa yang sesederhana mungkin.

SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian) Pegawai Negeri Sipil, memang salah satu produk yang selalu intens saya kembangkan dari hari ke hari sejak tahun 2006. Jadi sudah melalui pengembangan lebih kurang 4 tahun. Pelan tapi pasti.

Untuk memahami kata integrasi lebih enak saya terapkan langsung pada lingkup SIMPEG itu sendiri yg diterapkan pada lingkungan suatu BKD (Bada Kepegawaian Daerah). Di BKD terdapat beberapa Bidang. Secara garis besar pada umumnya terdapat Bidang Pengembangan SDM, Bidang Mutasi, Bidang Umum, Bidang Diklat, Bidang Data/Informasi Pegawai, dan Sekretariat. Mungkin ada juga Bidang lain yang saya belum ketahui. Pada intinya Bidang tersebut memiliki tupoksi masing-masing. Menurut pengalaman saya ketika membangun SIMPEG (atau salah satu Modul SIMPEG : Kenaikan Pangkat) ini di beberapa BKD terbagi bidang seperti diatas.

Masing-masing Bidang memiliki Tupoksi yang sering sekali berkaitan. Satu Proses selesai maka akan berimbas pada proses lain di Bidang lain. Contoh kongkretnya adalah Bidang Mutasi bagian Kenaikan Pangkat (KP) ketika memproses Usul Kenaikan Pangkat maka memerlukan data terbaru dari Bidang Data/Informasi Pegawai , data seseorang PNS itu haruslah update terbaru Goongan/Ruang+masa kerja+jabatan(Fungsional/Struktural)+Pendidikan+Atasan langsung. Setelah Proses KP selesai dengan ditandainya penyerahan SK Petikan KP maka Bidang Mutasi Bagian KP akan meng-update secara otomatis PNS yang Naik Pangkat , sehingga Bidang Data/Informasi Pegawai datanya akan update otomatis yg tersimpan dalam 1 server database. Efeknya juga pembentukan DUK (Daftar Urut Kepangkatan) akan valid. Pun laporan-laporan komposisi kepegawaian dalam angka. Yang tentu saja infrastruktur jaringan komputer sudah tersedia. Apakah sudah berhenti disitu saja ? Tidak. Bidang lain akan mengambil data yang uptodate itu utk proses-proses lain. Kesiapan data PNS yang uptodate akan memberikan efek simultan kepada Bidang lain yang memerlukan data Pegawai secara cepat dan tepat.

Yang sering masih dilakukan di BKD-BKD adalah “cukup” dengan Ms Excel saja proses KP, Mutasi, DUK, dll. Kenapa repot-repot buat aplikasi SIMPEG, Excel saja kan sudah cukup ? Tidak salah dengan menggunakan Ms Excel. Toh pekerjaan juga selesai. Betul. Untuk itu aplikasi SIMPEG akan menjembatani masing-masing pekerjaan yang selama ini dilakukan dengan lebih praktis. Kalau di Excel bisa 3 kali proses entry dengan masing-masing bisa memakan waktu banyak , namun di SIMPEG bisa hanya 1 kali klik .

Semoga dari kata integrasi ini, anda akan memiliki gambaran lebih jelas lagi. Lain waktu kita bahas SIMPEG yang terdistribusi.

By hendrikc

3 comments on “SIMPEG Terintegrasi , apa maksudnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s